Blinking Cute Box Cat





pemula-AwaliHarimu

Sabtu, 02 November 2013

~* Tiga Manfaat kontrak Belajar *~

       Sebelum para sahabat membaca "Tiga Manfaat Kontrak Belajar", maka sebaiknya sahabat membaca tentang "Bagaimana Menggunakan Kontrak Belajar", Kawin kontrak saja ada manfaatnya apalagi kontrak belajar, ya ini cuman analogi saja tidak ada sangkut pautnya antara kontrak belajar yang sedang kita bahas kali ini. Kontrak belajar memang sangat dibutuhkan dalam pencapaian mutu pendidikan yang diinginkan, kontrak belajar ibarat ruhnya pembelajaran, tanpa ada kontrak maka proses belajar mengajar tidak memiliki arah yang jelas.

Manfaat kontrak belajar secara rinci sbb.
Mempermudah penyampaian materi
Tanpa menggunkan kontrak belajarpun seorang guru sudah bisa menyampaikan materi ajar dengan baik. Kondisi inilah yang membuat kebanyakan para guru enggan memperhatikan kontrak dalam  megajar padahal manfaatnya begitu banyak. Seorang guru yang menggunkan kontrak belajar akan membentuk sebuah lintasan dengan  rel yang tertata rapi inilah yang membedaknya dengan pembelajaran tanpa kontrak yang sudah memiliki jalur namun masih bercabang kemana-mana. Jika anda menggunkan kotnrak belajar maka setiap materi dengan mudah diajarkan dan diterapkan baik dari segi teori dan implementasi, karena dalam kontrak akan tersusun sebuah rangkaian demi rangkaian yang bisa dijadikaan pedoman kuat dalam pembelajaran.

Mempermudah dalam penilaian dan evaluasi
Selain mempermudah penyampaian materi kontrak belajar juga meberi manfaat untuk mempermudah dalam penilaian dan evaluasi karena dalam kontrak belajar akan ditemukan setiap materi memiliki cara penilaian masing-masing sesuai dengan tingkat kesulitannya.  Biasanya dalam proses pembelajaran seorang guru akan melakukan penilaian dan evaluasi dan ini mutlak harus dilakukan jika anda tidak mau di beri label guru yang tolol dan hanya bisa nerima gaji saja. Pentingnya penilaian dan evluasi ini membuat kebanyakan tenaga pendidik mengalami kendala, sebenarnya jika dirancaang sedari awal melalui kontrak belajar maka semuanya akan berjalan mulus saja. Kontrak belajar yang berisikan materi dan cara penilaian dan bentuk evaluasi yang anda masukan dalam poin-poinnya akan mepermudah dalam penilaian dan evaluluasinya. Jika anda masih bingung maka jangan sungkan untuk bertanya, dengan senang hati saya akan membantu selagi bisa. Dan seandainya anda lebih bisa dari saya maka jangan sungkan untuk mengkrtik dan member masukan pada setiap tulisan saya. Di Blog ini kita bisa sharing untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Untuk meningkatkan keaktifan siswa
Mungkin anda akan bertanya dalam lubuk hati anda, apa hubunganya kontrak belajar denga keaktifan siswa. Ya,,memang ini juga pertanyaan saya dahulu.  Teringat ketika saya KKN/PPL di SMPN 2 Klaten yang merupakan sekolah RSBI dengan mutu pendidikan tinggi, di isi dengan anak-anak para  pejabat membuat saya minder pada awalnya. Rasa minder ini lambat laun menghilang dan diganti dengan rasa percaya diri yang begitu kuat. Sebenarnya dalam  poin ini saya ingin curhat tentang pengalaman mengajar saya selama 3 bulan disana.

Jujur saya katakan, meskipun SMPN 2 Klaten sekolah Rintisan Bertaraf Internasional namun cara dan metode mengajarnya rada monoton juga. Sontak kehadiran kami memberikan warna baru bagi para siswa-siswi disana. Kami mulai mengajar dengan gaya guru yang agak profesional, menggunkan segala fasilitas sekoalah yang jarang digunakan seperti LCD, Proyektor dll. Pembelajarn yang kami terapkan hampir semuanya berbasis TI dan kami tidak mengalami kesulitan sedikitpun hal ini diimbangi dengan kemampuan para siswanya dalam bergaul dengan perkembangan TI awal-awal ini.
Saya khususnya, sangat mendapatkan manfaat real dari kontrak belajar yang saya terapkan diawal pertemuan dengan adik-adik di SMPN 2 Klaten. Kontrak ini memberikan manfaat salah satunya meningkatkan keaktifan semua peserta didik yang saya ajar.
Inilah poin kontrak belajar yang saya buat secara garis besar, yang mampu membuat mereka keblinger dan selalu mengangakat tangan pada jam pelajaran. Sampai-sampai daku juga ikut keblinger melihat antusias mereka yang super duper meriah itu. Poin-poinya sbb:
  • Dengarkan adik-adik, inilah kontrak belajar kita hari ini, sekarang dan sampai kaka berhenti mengajar kalian nantinya. Yang pertama saya tidak akan memberikan penilaian dari hasil ulangan kalian saja, namun penilaian yang terbesar adalah dari keaktifan kalian dikelas. Bertanya, menjawab,menyanggah, berpendapat adalah poin-poin yang  akan  menambah nilai kalian.
  • Ini adalah salah satu cara saya memancing  keaktifan siswa disana, dan Alhamdulilah mereka semua menjadi sorak soraya dalam sebuah diskusi yang asyik. Jika anda tidak percaya,,silahkan dibuktikan. Jika belum berhasil ? maka hubungi saya,kita bisa cari dan pecahkan problemnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar